Kamis, 01 Februari 2018

Speech Delay

Saya adalah seorang Ibu yang bekerja. Memiliki seorang anak laki-laki bernama Fillio yang sehari-harinya menghabiskan waktu bersama mama saya ketika saya bekerja. Saya sadar, sepertinya ada cara pengasuhan yang salah dari saya. Diusianya menjelang 3 tahun, belum ada kata-kata berarti yang dia keluarkan. Setelah saya googling, kemungkinan anak saya mengalami speech delay. Apa yang terjadi dengan Fillio itu adalah murni kesalahan saya sebagai Ibu.

Orang tua mana yang tidak sedih kalau perkembangan anaknya tidak sesuai dengan anak-anak seusianya. Saya sebagai Ibu merasakan demikian, anak saya Fillio kemampuan bahasanya masih minim sekali. Hanya 3 huruf belakang saja seperti “nda” dan pengulangan 2 huruf “mamama”, “papapa”. Terkadang mengucapkan beberapa abjad yang belum berurutan. Fillio mengerti setiap perintah, menunjuk apa yang dia mau, dan menoleh ketika dipanggil. Sesekali saya ajak bermain flash card huruf, dia mengerti ketika saya minta untuk mengambil abjad yang saya maksud. Rasanya senang sekali setiap ada perkembangan kecil.

Fillio itu sangat aktif. Sampai akhirnya saya kapok bawa dia ke Mall. Dia akan lari kesana kemari sampai dia merasa capek sendiri. Kebayang kan ketika lagi asik makan tiba-tiba dia langsung keluar resto. Pernah kita makan yang ada tempat main anak-anak, pikir saya aman nih kayaknya. Tapiiiii salah besar, setelah dia bosen sama mainannya, dia langsung lari keluar juga dong hehe. Dari umur Fillio 5 bulan, terkadang sudah diberikan tontonan anak-anak melalui HP. Setelah ia berumur 2 tahun, kebiasaan menonton tv dan hp semakin sering. Emosi Fillio kadang tidak terkendali jika apa yang ia inginkan tidak terpenuhi. Saya menargetkan, jika Fillio belum bisa berbicara hingga umur 3 tahun akan saya bawa ia ke Klinik Tumbuh Kembang anak. Lalu saya ingat, apa ini ada hubungannya dengan pemberian pola makan pada saat MPASI dulu. Karena sampai fillio berumur 1 tahun, saya selalu memberikan dia makanan halus. Dia akan melepeh makanan yang teksturnya kasar. Fillio baru bisa makan nasi diumur 2 tahun. Untuk saat ini dia hanya mau makan nasi dengan nugget. Sedih rasanya ketika dia menolak makanan yang bukan nugget. Pernah suatu hari saya selipkan tempe didalam nasi, selang beberapa detik di lepeh dan dia tidak mau makan sama sekali sampai sore hari. Akhirnya saya pikir daripada tidak makan sama sekali, maka saya ikuti saja apa yang dia mau. Oiya nuggetnya bikin sendiri ya :)

Beberapa hari lagi dia genap 3 tahun. Dan sudah sebulan ini saya mencari info Klinik Tumbuh Kembang daerah Bekasi, fyi saya domisili di Cibitung. Hasil googling, beberapa RS sudah menerima pasien BPJS seperti RS Bella dan RS Hermina Bekasi. Nanti saya share ya tentang RS Hermina Bekasi. Untuk RS Bella saya memutuskan tidak kesana karena jaraknya lebih jauh dari rumah.

Terima kasih.

1 komentar:

  1. 5 Most Popular Slots on the Net - Casino Ow
    What are the most popular slots on the Net? Are 메리트 카지노 there any other popular slots that have 인카지노 a good chance of winning? Which games 샌즈카지노 have the best odds? How do you win at

    BalasHapus