Kamis, 01 Februari 2018

Klinik Tumbuh Kembang Bekasi (BPJS)

Haii, disini saya akan share sedikit pengalaman pada saat proses awal ke Klinik Tumbuh Kembang Anak menggunakan BPJS.

Ada baiknya cari informasi terlebih dahulu ya Rumah Sakit mana yang menerima pasien BPJS. Kebetulan saya tinggal didaerah Cibitung jadi yang saya tau itu RS. Bella dan RS. Hermina Bekasi. Setelah kita dapatkan informasi tsb, bisa kita sampaikan pada saat meminta rujukan dari faskes tingkat 1. Bila perlu cari informasi klinik yang recommend disekitar domisili kalian.

Dokumen yang perlu disiapkan :
1. Kartu BPJS Asli dan fotocopy
2. KK Asli dan fotocopy
3. KTP Asli dan fotocopy
4. Surat rujukan dari Faskes 1 dan fotocopy

Saya akhirnya memilih RS. Hermina Bekasi untuk melanjutkan terapi. Untuk lebih jelasnya saya susun secara numerik ya pengalaman saya ke RS. Hermina Bekasi.

1. Bawa anak anda ke klinik/puskesmas sesuai faskes yang tertera di kartu BPJS untuk mendapatkan surat rujukan (poin 4). Jangan lupa semua dokumen dibawa ya, baiknya dicek kembali sebelum berangkat.
2. Saya telepon dahulu ke 0218842121 RS. Hermina Bekasi untuk daftar pasien baru. Oiya kalian harus bilang ya ingin daftar untuk dokter anak pasien BPJS, karena tidak semua Dokter menerima pasien BPJS.
3. Pengalaman kemarin, pasien pengguna BPJS hanya diperbolehkan sekali dalam sehari untuk berobat. Jadi jika kita dihari Senin meminta rujukan, maka dihari Selasa baru kita bisa ke RS rujukan tsb.
4. Pelayanan menggunakan BPJS dilayani hanya setiap hari Senin s.d Jumat.
5. Ambil nomor antrian pendaftaran di Lantai 1 khusus BPJS dan tunggu panggilan. (Gedungnya yang tengah). Pendaftaran dari jam 7.00 pagi sd. Jam 12.00 siang ya.
6. Setelah itu ke lantai 3 untuk diperiksa Dokter. Ceritakan kondisi anak secara jujur. Nanti akan dirujuk ke Dokter Rehab Medik di Klinik Tumbuh Kembang Anak.

Nah dibagian ini tidak saya lanjutkan karena pada saat menunggu Dokter kemarin, saya dan Fillio menunggu lama. Setelah mendapatkan rujukan bahwa anak saya harus di terapi wicara, saya dan keluarga memutuskan untuk membawa Fillio ke Klinik Tumbuh Kembang anak lain yang tidak menyatu dengan Rumah Sakit karena khawatir Fillio tertular penyakit disana. Dan setelah saya baca beberapa pengalaman Bunda-bunda yang melakukan terapi disana, ada hal yang kurang berkenan disaya seperti jadwal yang terus penuh dan terapis yang gonta ganti.

Semoga saya dapat Klinik yang sesuai ya.

Wishlist:

1. Klinik Lalita
No. Phone 0813 1607 9477
info@kliniklalita.com
Ruko Emerald No. UG-29, Summarecon Bekasi

Biaya Skrining Tumbuh Kembang

Konsultasi Dokter Tandem : Rp. 600.000
dr. Bernie Medise, SpAk
dr. Dhani Sartika, SpKFR

Konsultasi Dokter Tunggal : Rp. 325.000
dr. Rini Sekartini, SpAk

Biaya Terapi

1x Terapi : Rp 205.000
4x Terapi  : Rp 750.000
10x Terapi : Rp 1.550.000

Biaya berlaku untuk semua jenis terapi

Untuk Paket 4x atau 10x, jenis terapi bisa dicampur, maksudnya jenis terapi disesuaikan dengan kebutuhan anak

2. Satria Kid Center
No. Phone 0818 155347 - Ibu Vivi
Ruko Patriot Center No.19
Jl. Raya Patriot Kranji Bekasi Barat
Patokan dekat pasar Kranji
www.satriakidcenter.com

Biaya Skrining Rp. 340.000

Biaya Terapi
1x Terapi : Rp. 100.000

Untuk paketan saat ini belum ada.

Jika ada kesalahan info, feel free to correct.
Terima kasih.

16 komentar:

  1. Hai bun.. Mau tanya dong skr anaknya ikut tumbuh kembang di rs mana ya.. Anak sy 3.5 thn blm bs ngomong. br mau saya bawa untuk terapi. #sayatelat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya aku bawa ke Satria Kid Center bun. Alhamdulillah udah ada perkembangan. Awalnya saya biasakan manggil Ayah Bunda. Tapi arahan dari trainernya diganti jadi Mama Papa. Sambil berjalan walaupun belum jelas tapi ada progress. Karena orang tuanya akan ditanya2 perihal pola asuh dirumah dan kebiasaannya.

      Maaf yaa baru balas.
      Semoga membantu.

      Hapus
    2. Ibu sebelumnya makasih infonya..saya mau tanya...anak saya 2tahun kalo ngomong belum jelas..cerewet tpi kebanyakan saya aj ibunya yang tau dia ngomong apa...perlu kah ke tumbang.terimakasih

      Hapus
    3. Hai bun, menurut saya silahkan dibawa ke klinik tumbuh kembang. Khawatir ada pola asuh yang belum benar dari kita selaku orang tua sehingga menyebabkan anak telat bicara. Saya yakin Insya Allah anak bunda bisa berbicara dengan lancar. Semangat ya bun.

      Hapus
  2. sy udah keRS BELLA kedokter anak lalu dirujuk tumbuh kembang anak lalu diarahkan kecustumer servis dia slalu blg penuh & dokter sedang cuti,sy ingin mencoba keHermina Bekasi mdh2an bs,knp pasien BPJS slalu dipersulit Hukum Karma msh ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum bawa kesana bun, waktu saya bawa ke RS Hermina juga sudah diberitahu kalau nanti akan ditelepon untuk jadwalnya. Bisa sebulan lebih baru dikonfirmasi. Semangat dan yaa Bun. Insya Allah ada jalan.

      Hapus
  3. Sabar bunda, krna waiting list tuk pasien tumbuh kembang di rs hermina banyak sekali, ank sy saja hampir 3 bulan baru dpt jdwal tetap, yg sebelumnya hanya jdwl ots. Semangaaattt. 💪✊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Aisyah,

      Bagaimana hasilnya setelah di teraphi disana?
      ditunggu yaa ceritanya.

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum bunda, untuk masalah tumbuh kembang anak apakah kebanyakan tentang terlambat bicara dan terlambat jalan? Masalahnya anak saya umur 7 bln blm bisa tengkurap, tidak tertarik dgn mainan, sering melihat keatas dan melengkungkan tubuhnya kebelakang,kira2 kondisi seperti itu bisa tidak ya dirujuk ke DSA sub tumbuh kembang anak?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam bun,

      Anak saya sebelumnya juga bisa berjalan di umur 1,4 tahun. Dan masalah tumbuh kembang itu banyak sekali, tidak hanya tentang terlambat bicara/terlambat jalan. Contohnya seperti autis, anak hiperaktif, gangguan artikulasi,gangguan pendengaran, sampai anak yg tidak bisa konsentrasi belajar juga masuk ke dalam masalah tumbuh kembang anak.

      Untuk anak bunda di usia 7 bulan memang seharusnya sedang dalam tahapan duduk, merangkak dan mulai bisa berguling. Ditunggu sampai usia 9 bulan ya bun. Sambil stimulasi anaknya dengan mainan yg berbunyi agar anak tertarik.

      Semoga membantu ya bun.

      Hapus
    2. Kasusnya sama anak saya tp anak saya umur 9 thn,ngomong2 udah pernah terapi belum

      Hapus
  5. Seminggu berapa x bun terapinya..
    Dan gimana sekarang anak bunda udah bisa bicara belum?

    BalasHapus
  6. Saya mau coba pakai bpjs ke hermina grand wisata. Merasa agk geran karena hrs ke dr rehab medik. Verharapnya bisa terapi SI dan terapi wicara. Sudah pernah ke lalita, tp kami merasa berat kalau biaya pribadi.kalau rs selain hermina dan bella yg punya klinik tumbuh kembang dan bisa bojs apakah ada info?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Klinik Lalita gmn Mom, baguslah terapi disana? Aplg sdg pandemi begini, aman kah? anak saya soalnya jg mau terapi

      Hapus
  7. mba..klo kita ke klinik lalita, pakai bpjs tdk berlaku ya?

    BalasHapus
  8. apa harus ke hermina klinik tumbuh kembang bisa pakai bpjs? (diana)

    BalasHapus